Ini Rahasia Satria Muda Bisa Terus Jadi Juara Meski Generasi Terus Berganti

3 Desember 2022, 21:45 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Hardianus Lakudu (tengah) saat berdiskusi dengan rekan setimnya pada game kedua final IBL antara Satria Muda Pertamina Jakarta vs Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Minggu (28/8/2022)
Hardianus Lakudu (tengah) saat berdiskusi dengan rekan setimnya pada game kedua final IBL antara Satria Muda Pertamina Jakarta vs Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Minggu (28/8/2022) /(Dok. IBL)

  • Para legenda Satria Muda mengatakan, jargon "Indonesia Juara, Juara Indonesia" adalah kunci kehebatan tim sampai sekarang.
  • Sejak meraih titel KOBATAMA 1999, Satria Muda sudah mengumpulkan 12 titel.
  • Dari generasi ke generasi, Satria Muda terus menjadi tim tangguh.

SKOR.id - Satria Muda Pertamina Jakarta sudah membuka keran juara pada KOBATAMA 1999. Dalam waktu 23 tahun, total sudah 12 titel yang bisa didapatkan klub milik Erick Thohir tersebut.

Dengan demikian, dari 23 tahun sudah lebih dari setengah gelar juara di kuasai Satria Muda. Jika ditarik sejak keikutsertaan mereka kali pertama pada KOBATAMA 1999, maka juga hampir setengahnya mereka sikat.

Legenda Satria Muda yang kini juga menjabat Vice President of Basketball Operations, Rony Gunawan menyatakan, jargon "Indonesia Juara, Juara Indonesia" adalah kunci mengapa Satria Muda terus bisa menjadi tim tersukses Indonesia dalam dua dekade terakhir.

Jargon ini bukan sembarang jargon, sebab itu merupakan dasar Satria Muda dalam membangun tim. Sebuah filosofi yang harus tertanam dalam benak para pemain sampai masa yang akan datang.

"Dengan jargon 'Indonesia Juara, Juara Indonesia', maka siapapun pemainnya, siapapun pelatihnya, dia harus habis-habisan," ujar Rony Gunawan.

"Pattern permainan bisa saja berganti ketika pelatih berganti. Namun semangat, antusiasme, dan ambisi ini harus terus dipegang.

 

Menteri BUMN Erick Thohir dalam konferensi pers terkait pencalonan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tuan rumah Olimpiade 2016.
Menteri BUMN Erick Thohir dalam konferensi pers terkait pencalonan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tuan rumah Olimpiade 2016. (YOUTUBE KEMKOMINFO)

"Sebuah kultur juara yang wajib digenggam sehingga siapapun yang bermain di Satria Muda tidak boleh setengah-setengah, dan setiap tahun wajib berambisi juara," kata sosok yang akrab disapa Rogun dan Acong tersebut.

Sedangkan, Fictor Roring, pelatih yang enam kali membawa Satria Muda juara menyatakan, Erick Thohir adalah tokoh kunci mengapa Satria Muda terus jadi tim hebat.

Musim lalu, Fictor Roring melatih Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan harus merasakan pahitnya kalah dari sang mantan klub di final.

"Budaya kemenangan begitu tertanam di Satria Muda. Ini adalah bentuk komitmen Mas Erick Thohir dalam membuat tim ini terus jadi nomor satu di Indonesia," kata Fictor Roring.

"Sampai sekarang, Satria Muda adalah benchmark dan semangat serta culture juara ini yang saya bawa ke mana pun saya bekerja." 

Saat ini, sosok yang akrab disapa Ito tersebut menjabat General Manager Pelita Jaya. Tentu saja ia akan berusaha untuk membawa timnya mengalahkan Satria Muda di IBL 2023.

Berita Lainnya Satria Muda:

Baca Juga: Rayakan Gelar IBL, Satria Muda Undang Para Legenda

Baca Juga: IBL Indonesia Cup 2022: Kemenangan Satria Muda Tutup Fase Grup, 8 Tim Lanjut ke Perempat Final

 

Tag

Video

Berita Terkait

IBL

Sabtu, 27 Februari 2021

10 Pemain Sudah Divaksin, Satria Muda Lebih Tenang Sambut IBL 2021

Satria Muda Pertamina Jakarta lega karena 10 pemainnya sudah divaksin Covid-19.

Basket

Jumat, 15 Oktober 2021

5 Cinderella Story Paling Ikonik di IBL, Satria Muda hingga West Bandits

Cinderella Story juga menghiasi sejarah liga basket Indonesia dan berikut adalah lima di antaranya.

Terbaru

IBL

Minggu, 5 Februari 2023

IBL 2023: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut Jadwal, Hasil, dan Klasemen IBL 2023 yang bakal terus diperbarui secara berkala.

IBL

Sabtu, 4 Februari 2023

Rekap Hasil IBL 2023: Satria Muda Masih Sempurna, Satya Wacana Pecah Telur

Satria Muda Pertamina Jakarta melanjutkan rekor selalu menangnya di IBL 2023 usai mengalahkan Bima Perkasa Jogja di hari terakhir seri kedua.

IBL

Jumat, 3 Februari 2023

Rekap Hasil IBL 2023: Menang Lagi, Dewa United Banten ke Pucuk Klasemen

Dewa United Banten untuk sementara memimpin klasemen IBL 2023 usai meraih kemenangan pada laga terakhirnya di Malang.

IBL

Kamis, 2 Februari 2023

Rekap Hasil IBL 2023: Bima Perkasa Cicipi Kekalahan Perdana, Satria Muda Tembus 100 Poin Lagi

Hasil berkebalikan didapatkan Bima Perkasa Jogja dan Satria Muda Pertamina Jakarta dalam pertandingan IBL 2023 yang dilakoni pada hari ini.

IBL

Selasa, 31 Januari 2023

Hasil IBL 2023: Satria Muda Masih Sempurna, Mountain Gold Raih Kemenangan Perdana

Kemenangan atas Bali United Basketball membawa Satria Muda Pertamina Jakarta kembali memuncaki klasemen sementara IBL 2023.

IBL

Senin, 30 Januari 2023

Hasil IBL 2023: Bumi Borneo dan Dewa United Kembali ke Jalur Kemenangan

Bumi Borneo Basketball Pontianak memimpin klasemen sementara IBL 2023 usai menekuk Evos Thunder Bogor, Senin (30/1/2023).

IBL

Minggu, 29 Januari 2023

Hasil IBL 2023: Satria Muda dan Bima Perkasa Belum Terbendung

Satria Muda menang telak atas Amartha Hangtuah sedangkan Bima Perkasa sukses melibas Bali United dalam lanjutan seri kedua IBL 2023.

IBL

Sabtu, 28 Januari 2023

Hasil IBL 2023: 2 Tim Unbeaten Rasakan Kekalahan Perdana, Tangerang Hawks Pecah Telur

Dua tim unbeaten di seri pertama akhirnya merasakan kekalahan perdananya di IBL 2023 pada hari pertama seri kedua di Malang.

IBL

Jumat, 27 Januari 2023

Mantan Pemain Satria Muda Ini Bersinar Bersama West Bandits Solo

Christian Gunawan bersinar bersama West Bandits Solo pada Seri I IBL 2023

IBL

Selasa, 24 Januari 2023

3 Tim Belum Pernah Menang di IBL 2023, Salah Satunya Peserta Playoff Musim Lalu

Ada tiga tim yang belum meraih kemenangan di IBL 2023

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X